Senin, 09 Oktober 2017

Fungsi Organ Sistem Pencernaan Manusia

Fungsi Organ Sistem Pencernaan Manusia

Fungsi tubuh manusia dihargai dengan karya kolektif dari sistem organ, dimana sistem pencernaan adalah salah satunya. Sistem pencernaan terdiri dari berbagai organ yang membantu dalam pencernaan makanan dan asimilasi nutrisi. Jadi, apa itu pencernaan?
Ini adalah proses pemecahan partikel makanan yang kompleks, baik secara mekanis dan kimiawi, dalam bentuk yang lebih sederhana dari nutrisi, yang dapat dengan mudah digunakan oleh tubuh.
Sistem pencernaan manusia merupakan proses yang kompleks yang terdiri dari pemecahan massa organik besar menjadi partikel kecil yang tubuh mampu dalam menggunakannya sebagai bahan bakar. Pemecahan nutrisi memerlukan koordinasi beberapa enzim yang disekresikan dari sel-sel khusus dalam mulut, perut, usus, dan hati. Organ utama atau struktur yang mengkoordinasikan pencernaan dalam tubuh manusia termasuk mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil dan besar, dan hati.
Organ sistem pencernaan bertanggung jawab untuk pelepasan energi, yang sangat penting untuk setiap sel hidup dan jaringan untuk berfungsi secara normal. Juga, sistem pencernaan yang bertanggung jawab untuk distribusi nutrisi dan limbah dalam tubuh. Dan, ketika kita mengatakan bagian dari sistem pencernaan, pada dasarnya terdiri dari saluran pencernaan dan organ pencernaan yang terkait. Setiap kelainan pada bagian atau organ dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan dan / atau penyakit sistem pencernaan.

Bagian dari Sistem Pencernaan dan Fungsi mereka

Anatomi sistem pencernaan dipelajari secara rinci untuk memahami bagian-bagiannya serta fungsi masing-masing. Bagian utama dari sistem pencernaan adalah saluran pencernaan (juga disebut saluran gastrointestinal atau saluran pencernaan),  struktur seperti tabung hampa yang memanjang dari mulut ke ujung – anus. Disebutkan di bawah ini adalah daftar dari berbagai bagian dari sistem pencernaan, yang terlibat dalam proses pencernaan:

Fungsi Sistem Pencernaan

Anatomi Sistem Pencernaan Manusia Fungsi utama sistem pencernaan adalah untuk memberikan tubuh dengan nutrisi untuk tumbuh dan mempertahankan diri dan untuk menghilangkan produk limbah dari tubuh. saluran pencernaan Manusia (saluran pencernaan) adalah sekitar 30 kaki panjang dan meluas dari mulut ke anus. Ini adalah sebuah sistem transportasi satu arah (tidak seperti anatomi sistem pencernaan cacing pipih yang hanya memiliki satu lubang – mulut juga anus).
Fungsi meliputi: 
  • Ingesti (proses mengambil makanan ke dalam sistem pencernaan dengan cara melalui mulut)
  • mastikasi (proses mengunyah untuk menghancurkan makanan dan mencampurnya dengan air liur)
  • deglutition (tindakan menelan untuk mengangkut makanan dari mulut ke perut)
  • digestion (memecah secara mekanis serta kimia dari makanan)
  • absorpsi (bagian dari molekul makanan dari usus ke dalam darah atau kelenjar getah)
  • peristaltik (kontraksi seperti gelombang yang memindahkan makanan melalui saluran pencernaan)
  • defekasi (pembuangan limbah dicerna, disebut tinja, dari tubuh).
Image result for STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA

SUMBER : http://www.sridianti.com/fungsi-organ-sistem-pencernaan-manusia.html


0 komentar:

Posting Komentar

Dancing Banana /* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/food/foo-2/foo112.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/food/foo-2/foo112.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */