Selasa, 18 Juli 2017

Gerak Hewan Dalam Air

Gerak Pada Hewan

Hewan merupakan makhluk hidup selain manusia dan tumbuhan. Salah satu ciri makhluk hidup ialah bergerak. Gerak yang dialami oleh hewan akan menimbulkan suatu gerakan dan menyebabkan hewan dapat berpindah tempat. Hewan bergerak untuk berbagai tujuan, antara lain untuk melindungi diri dari predator atau untuk mencari mangsa.
A. Gerak Hewan di Air


Tubuh hewan yang hidup di air memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada lingkungannya. Gaya angkat air yang besar dan masa jenis hewan yang kecil menyebabkan hewan dapat melayang di dalam air dengan mengeluarkan sedikit energi. Ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya, berikut penjelasannya.
  1. Ikan sering mengeluarkan gelembung renang yang berguna untuk mengatur gerakan naik turun
  2. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong ekor ikan di dalam air.
  3. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri dan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan.
  4. Ikan yang bergerak dengan sirip pasangan dan sirip tengah cocok untuk hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya.
Contok lain gerak hewan pada air.
Berbeda dengan ikan dan hewan yang hidup di dalam air, nyamuk seolah-olah berdiri di atas air karena memanfaatkan prinsip tegangan permukaan air.
—Tegangan permukaan merupakan peristiwa yang diakibatkan adanya gaya kohesi antar molekul-molekul air. Selain nyamuk, anggang-anggang juga memanfaatkangaya tegangan permukaan untuk dapat bergerak di permukaan air.


sumber : https://asrinaamalia.wordpress.com/kelas-vii/gerak-lurus/gerak-pada-hewan/
              https://youtu.be/ZKlqWBvBlag

0 komentar:

Posting Komentar

Dancing Banana /* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/food/foo-2/foo112.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/food/foo-2/foo112.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */