Selasa, 18 Juli 2017

Gerak Hewan Di Udara


Gerak Hewan di UdaraHewan-hewan yang terbang diudara dengan cara yang unik. Tubuh hewan-hewan tersebut memiliki gaya angkat yang besar untuk mengimbangi gaya gravitasi. Salah satu upaya untuk memperbesar gaya angkat dengan menggunakan sayap.


Prinsip yang sama diterapkan pada pesawat terbang, khusunya pada pesawat terbang bersayap untuk airfoil. Sayap burung memiliki susunan kerangka yang ringan, tulang dada dan otot yang kuat. Bentuk sayap airfoil membuat udara mengalir pada bagian atas sayap lebih cepat daripada bagian bawahnya. Saat sayap dikepakkan, udara akan mengalir kebawah. Dorongan kebawah tersebut akan menghasilkan gaya yang berlawanan arah sehingga burung akan berangkat keatas.



Image result for gerak hewan di udara

Burung merupakan contoh hewan yang beradaptasi dengan baik untuk bergerak di udara. Burung memiliki : ·         Sayap dan bulu-bulu yang berfungsi untuk mengangkat tubuh burung di udara; ·         Rangka yang ringan dan ramping atau ipih; ·         Sistem tulang dan otot yang kuat untuk menggerakkan sayap. Bulu burung, selain berfungsi untuk terbang juga berfungsi untuk menahan panas sehingga menjaga tubuh burung tetap hangat. Sedangkan tulang burung memiliki struktur yang teradaptasi untuk terbang : ·         Burung memiliki paruh yang lebih ringan daripada rahang pada hewan mamalia; ·         Burung memiliki sternum (tulang dada) yang pipih dan luas, berguna sebagai tempat peletakan otot terbang yang luas; ·         Tulang-tulang burung beronga dan ringan. Tulang-tulang tersebut sangat kuat karena memiliki struktur bersilang; ·         Sayap tersusun dari tulang-tulang yang lebih sedikit dibandingkan tulang-tulang pada tangan manusia. Hal ini berfungsi untuk mengurangi berat terutama ketika burung terbang; ·         Tulang belakang bergabung untuk memberi bentuk rangka yang padat, terutama ketika mengepakkan sayap pada saat terbang.Teknik Terbang pada burung : Burung terbang dengan mengepakkan sayap,yaitu menggerakkan sayap ke atas dan ke bawah untuk menimbulkan gerakan mengangkat dan mendorong tubuhnya di udara. Gerakan mendorong dan mengangkat sayap memerlukan kekuatan yang paling besar. Sementara pada saat mengangkat sayap,memerlukan kekuatan yang lebih kecil. Pada saat mengangkat sayap,burung menempatkan posisi sayapnya ke semula,untuk memulai gerakan mendorong dan mengangkat kembali.



sumber : http://ajukeluh.blogspot.co.id/2015/09/indentifikasi-gerak-hewan-dalam-air.html

          http://ipa-gampang.blogspot.co.id/2016/03/gerak-hewan-di-darat-air-dan-udara.html

0 komentar:

Posting Komentar

Dancing Banana /* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/food/foo-2/foo112.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/food/foo-2/foo112.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */